Minggu, 11 Agustus 2013

Awal proses terbentuknya Bumi


Dimulai Masa Arkeozoikum (4,5 – 2,5 milyar tahun lalu)
Zaman Arkeozoikum dimulai pada 4,5 sampai 2,5 miliar tahun silam. Saat itu, bumi sedang melakukan pembentukan awal batuan kerak, Arkeozpoikum artinya Masa Kehidupan Purba, Masa Arkeozoikum (Arkean) merupakan masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen. Kerak bumi ini terbentuk setelah proses pendinginan bagian pinggir dari bakal calon bumi. 


Batuan masa ini ditemukan di beberapa bagian dunia yang lazim disebut kraton/perisai benua.

Coba perhatikan, masa ini adalah masa pembentukan kerak bumi. Jadi kerak bumi terbentuk setelah pendinginan bagian tepi dari “balon bumi” (bakal calon bumi). Plate tectonic / Lempeng tektonik yang menyebabkan gempa itu terbentuk pada masa ini. Lingkungan hidup masa itu tentunya mirip dengan lingkungan disekitar gunung api.


Batuan tertua tercatat berumur kira-kira 3.800.000.000 tahun. Masa ini juga merupakan awal terbentuknya Indrosfer dan Atmosfer serta awal muncul kehidupan rimitive di dalam samudera berupa mikro-organisma (bakteri dan ganggang). Fosil tertua yang telah ditemukan adalah fosil Stromatolit dan Cyanobacteria dengan umur kira-kira 3.500.000.000 tahun.

Hasil fotosintesis bakteri masa lalu menghasilkan oksigen yang dilepas ke atmosfir sekitar 3 milyar tahun lalu. Ini dibuktikan dengan temuan fosil Cyanobacteria di endapan Archean yang berusia 3 milyar tahun.


Sumber: Penjelasan dari berbagai sumber Wikipedia, Ilustrasi photo dari Google photo dan Video Youtube

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar